GpY8BSMpTUM6GSC5TUr8TfClTA==

Hindari Pengapuran Lutut Dengan Bersepeda dan Renang

Hindari Pengapuran Lutut Dengan Bersepeda dan Renang 


Siapa nih yang hobi Gowes/bersepeda? Siapa juga yang sering sakit sendi, sakit lutut, boyoken, pegel-pegel dan lainya? Yuk simak hasil bincang-bincang sehat (BIBIT) #08 yang deselenggarakan GARDANU (Gerakan Donor Darah NU) dan LKNU (Lembaga Kesehatan NU) MWC NU Dawe bersama dr Mutia Azmi.  



Moderator : 
Assalamualaikum, wr.wb
Selamat malam dan salam sejahtera bagi kita semua.

Yth.
Pengurus MWCNU Dawe
Pengurus LKNU Dawe
Pengurus GARDANU
Seluruh anggota grup GARDANU

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT karna berkat rahmat dan karunianya kita bisa berkumpul bersama melalui grup GARDANU ini dengan keadaan sehat wal afiat. 
Tidak lupa juga kita haturkan shalawat dan salam kepada nabi besar kita Nabi Muhammad SAW, semoga kita semua senantiasa mendapatkan syafaat di hari akhir. Aamiin ya Rabbal Alamin

Perkenalkan saya Naila sebagai moderator pada malam hari ini dalam Bincang - Bincang Sehat BIBIT #8 bersama LKNU & GARDANU dengan Tema “Pengapuran Sendi Lutut & Bersepeda " dengan narasumber Tim Kesehatan LKNU Dawe yang akan disampaikan oleh dr.Mutia Azmi Suswandari. 

Langsung saja saya persilahkan kepada narasumber untuk menyampaikan materi, dan saya persilahkan kepada seluruh anggota grup untuk menyimak dan apabila ada yang ingin ditanyakan saya persilahkan
Waalaikumsalam.

dr. Mutia Azmi: 

Terima kasih atas waktu yang diberikan Alhamdulillah pada kesempatan malam ini kita dapat berjumpa kembali pada acara Bincang-Bincang Sehat bersama LKNU dan GARDANU.
Perkenalkan saya dr. Mutia yang bertugas di LKNU Dawe, izin untuk mengajak belajar dan berdiskusi bersama nggih 

Yang kami hormati, pengurus MWC NU Dawe, pengurus LKNU Dawe, pengurus GARDANU, dan seluruh anggota grup ini. Semoga senantiasa diberikan panjang umur dan kesehatan, serta yang sedang sakit semoga segera diberi kesembuhan. Aamiin.
Pada malam hari ini, kita akan berdiskusi mengenai Pengapuran Sendi Lutut dan Bersepeda.

Sebagai pembukaan, dapat dimulai dengan menjawab pertanyaan berikut nggih.
Apakah Anda dan keluarga sering mengalami nyeri atau kaku pada lutut?

Bapak/Ibu apakah sudah pernah mendengar mengenai pengapuran sendi atau osteoartritis?

Pengapuran sendi (osteoartritis) merupakan penyakit kronis yang mengenai sendi dan tulang di sekitar sendi tersebut.
Tulang rawan di antara sendi berfungsi sebagai bantalan, tetapi karena bagian ini rusak tulang saling bergesekan dan menimbulkan rasa nyeri, bengkak, serta kaku.
Nyeri sendi terutama dirasakan pada sendi-sendi besar yang menyangga berat badan tubuh, seperti sendi lutut dan pinggang.

Dulu pengapuran sendi (osteoartritis) dianggap sebagai penyakitnya orang tua, tetapi faktanya osteoartritis juga bisa bisa terjadi pada usia muda.

Siapa saja yang memiliki risiko tinggi untuk mengalami Osteoartritis (OA)?

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan seseorang lebih rentan mengalami OA, seperti:

Usia lanjut
Berat badan berlebih
Pekerjaan berat
Olahraga yang membebani lutut




Lalu, bagaimana cara mengatasi osteoartritis (OA) ini?

Untuk terapi obat-obatan biasanya digunakan obat pengurang rasa nyeri, suntikan pelumas secara langsung pada sendi, hingga terapi pembedahan bagi yang sudah tidak respon dengan pengobatan. Ada juga beberapa terapi non-obat yang dapat membantu meringankan gejala-gejala osteoartritis, seperti: 
Penggunaan kompres (dingin atau hangat)
Diet seimbang 
Menjaga berat badan ideal
Olahraga khusus

Terdapat 2 jenis olahraga yang dianjurkan untuk psien dengan pengapuran sendi yaitu berenang dan bersepeda. Mengapa bersepeda dianjurkan pada orang dengan osteoartritis? 

1. Meningkatkan hormon endorfin
Aktivitas olahraga seperti bersepeda meningkatkan produksi endorfin, suatu hormon yang diproduksi oleh otak, sehingga menimbulkan rasa rileks dan nyaman, serta mengurangi rasa nyeri.

2. Menjaga berat badan tetap ideal
Setiap 2 kg berat badan dapat menambah tekanan ekstra hingga 10 kg pada sendi lutut, sehingga penurunan berat badan yang kecil pun besar manfaatnya untuk mengurangi beban di lutut. Bersepeda merupakan aktivitas yang membakar kalori dan meningkatkan massa otot, sehingga dapat menjaga BB kita agar tetap ideal.

3. Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh
Bersepeda melatih otot-otot tubuh seperti otot perut, punggung, lengan dan tungkai untuk terkoordinasi dengan baik.

4. Memperkuat otot-otot tungkai dan kaki
Bersepeda memperkuat otot paha depan, paha belakang, pantat, dan betis, terutama bila bersepeda pada jalan menanjak.

5. Meningkatkan jangkauan gerak sendi
Gerakan kaki saat bersepeda meningkatkan produksi cairan sinovial yang membantu melumasi sendi, terutama di pinggul, lutut, dan pergelangan kaki, sehingga dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan jangkauan gerak sendi.

Itulah bebrapa manfaat bersepeda terhadap pengapuran sendi. Bersepeda tidak hanya bermanfaat untuk pasien dengan osteoartritis, tetapi juga untuk meningkatkan kebugaran fisik secara umum. Demikian untuk materi pada malam hari ini, selanjutnya kami kembalikan ke moderator untuk sesi tanya jawab nggih


Moderator:
Baik terimakasih kepada dr. Mutia atas materi yang telah disampaikan, kami persilahkan untuk seluruh anggota grup GARDANU apabila ada yang ingin bertanya dipersilahkan, kami buka sesi tanya jawab.

Ilham Banser Cranggang: 
Bagaiman cara menangulangi pengapuran lutut untuk pekerja berat gimana bu..? Biar tidak mengalami OA. 

dr. Mutia Azmi: 
Untuk pekerjaan berat yang menambah risiko terjadinya osteoartritis adalah pekerjaan mengangkat barang dan naik turun tangga yang semakin membebani lutut. Apabila faktor pekerjaan tidak bisa dihindari, maka ada baiknya untuk melakukan upaya pencegahan lain seperti diet seimbang untuk menjaga berat badan ideal serta olahraga khusus seperti yang telah disampaikan. Olahraga berupa berenang atau bersepeda disarankan karena tidak menambah beban lutut.


Zulia Laili: 
Bedanya osteoartritis dan asam urat bagaimana nggih?

dr. Mutia Azmi: 
Untuk pertanyaan selanjutnya mengenai perbedaan asam urat dan osteoartritis nggih. Nyeri pada osteoartritis disebabkan oleh bantalan tulang lunak yg menipis sehingga terjadi gesekan antar tulang. Sedangkan nyeri pada penyakit Asam Urat atau gout disebabkan oleh penumpukan kristal monosodium urat pada sendi.

Untuk sendi yang diserang juga berbeda, dimana penyakit asam urat paling sering menyerang pada ibu jari kaki dan pergelangan kaki. Sedangkan untuk osteoartritis lebih sering menyerang sendi lutut.
Yang terpenting dari penyakit asam urat adalah penyakit ini sangat dipengaruhi oleh konsumsi makanan.




Terdapat beberapa jenis makanan yang dapat menimbulkan peningkatan kadar asam urat tubuh, yaitu makanan-makanan yang tinggi purin seperti:
jerohan
daging merah
sea food
kacang-kacangan
dll.

Untuk itu, jika memiliki gejala asam urat, perlu dilakukan pemeriksaan secara berkala dan konsumsi obat secara teratur agar tidak terjadi serangan nyeri akut. Serangan akut biasanya berupa nyeri berat yang mendadak, bengkak, dan kemerahan di persendian yang diserang.

0856-4091-3302: 
Kalol tulang bahu sampai sendi tiba-tiba terasa agak sakit kira2 kenapa nggih? Padahal sebelumnya nggak jatuh atau keseleo.

dr. Mutia Azmi: 
Untuk nyeri sendiri dapat disebabkan oleh berbagai faktor, bisa dari tulang atau otot. Otot yang kaku atau biasa disebut dengan spasme otot, bisa disebabkan karena aktivitas gerak sendi di sekitarnya ataupun postur yang tidak sehat. Terutama jika tidak ada riwayat jatuh atau terbentur di bagian tubuh tersebut.

0856-4091-3302: 
Apakah rasa nyeri pd pergelangan tangan &  rasa kaku pada jari2 tangan termasuk gejala asam urat? & Apakah itu ada hubungannya dg nyeri pd tulang bahu?

dr. Mutia Azmi:  
Untuk nyeri pada pergelangan tangan, dapat ditelusuri terlebih dahulu apakah ada gejala lain seperti kesemutan, nyeri yang menjalar, serta riwayat aktivitas sehari-hari.

0856-4091-3302:
Nggak ada gejala kesemutan/ nyeri yg mnjalar Dok. Cmn jari2 tangan kl digenggam rasanya kaku..

dr. Mutia Azmi:  
Mungkin bisa dibantu dengan pengecekan kadar kolesterol, karena kolesterol tinggi terkadang menimbulkan gejala berupa kekakuan atau nyeri pada jari tangan dan kaki.
Pemeriksaan kolesterol juga dapat dilakukan di klinik LKNU Dawe. Terdapat pemeriksaan gula darah, asam urat, dan kolesterol serta konsultasi kesehatan.

Moderator: 
Bagaimana apakah ada yang ingin di tanyakan lagi?

Ndan Wafa Kasetma Banser Dawe: 
Tanya dok. Kalau dikepalai terasa kesemutan itu gejala apa dok?

dr. Mutia Azmi:
Untuk kesemutan apabila disertai dengan nyeri yang berdenyut, maka dapat mengarah ke migraine. Tetapi jika  nyeri menjalar ke leher hingga pundak, maka dapat pula dipertimbangkan gangguan pada disk leher.
 

Ilham Banser Cranggang:
Efek dari cekruk punggung aman nopo mboten bu. kadang punggung krasa agak kaku. trus di cekruk agak lega.

dr. Mutia Azmi:
Maksudnya mungkin manipulasi tulang nggih? Untuk 'cekruk' atau 'kretek' sendiri sebenarnya tidak disarankan apabila tanpa pengawasan ahli karena tulang belakang dilalui oleh persarafan yang kompleks.

Moderator: 
Terimakasih untuk diskusi BIBIT #8 malam hari ini. Terimakasih kepada dr. Mutia atas materinya dan juga seluruh anggota grup yang sudah berkenan mengikuti bincang bincang sehat pada malam hari ini. Semoga bermanfaat dan semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. Terimakasih saya Naila sebagai moderator mohon maaf apabila ada kekurangannya.

Wassalamualaikum, wr.wb.

Selamat malam, salam sehat 😊

Komentar0

Type above and press Enter to search.