GpY8BSMpTUM6GSC5TUr8TfClTA==

Launching Klinik NU Dawe, Gus Bab Wejang 5 Kewajiban Jihad di Hari Santri Nasional

LAUNCHING KLINIK NU DAWE, GUS BAB JELASKAN KEWAJIBAN 5 JIHAD DI HARI SANTRI 


Mwcnudawe.id - 22 Oktober 2022 tepat di momen hari santri nasional, NU Dawe buka klinik rintisan. Kegiatan ini merupakan salah satu acara perayaan hari santri setelah Kemah Santri dan Kirab pagi tadi.


Opening klinik malam ini dihadiri oleh Suriyah PC NU Kudus KH. Ulil Albab Arwani dan Tanfidhiyah PC NU Kudus KH. Asyrofi Masyitoh. Serta pengurus MWC Se Kabupaten Kudus. 


Klinik rintisan NU Dawe merupakan rintisan Lembaga Kesehatan NU Dawe (LKNU). Kenapa disebut rintisan? karena saat ini klinik masih dioperasikan di gedung MWC NU dan untuk gedung klinik permanen baru proses perizinan yang rencananya di Desa Cendono. 



KH. Kusminto ketua MWC NU Dawe menyampakain dalam sambutannya, bahwa: Bismillah kami mulai klinik meskipun masih rintisan sebagai hadiah atau kado hari santri nasional. 


Senada dengan Kyai Asyrofi PC NU Kudus, pada momentum 1 abad ini jangan sampai kita kehilangan untuk memberikan kado terbaik. 


PC NU Kudus pada akhir sambutan mengucapkan terimakasih kepada NU Dawe karena sudah memulai program-program besar NU Kudus, klinik dan NU Gros.


Selain di atas, berikutnya pada mauidhoh KH. Ulil Albab Arwani (Gus Bab) memberikan wejangan bahwa kita sebagai orang Islam wajib berjuang. 


Islam menjadi besar seperti sekarang karena adanya perjuangan (jihad) Nabi muhammad SAW. Dilanjutkan para sahabat sampai turun temurun. 


Termasuk saat ini kita memperingati hari santri adalah mengingat perjuangan kemerdekaan pahlawan dan ulama yang mati syahid. Tanpa itu mungkin kita tidak sampai sini. 


Gus Bab melanjutlan mauidhohnya dengan mengutip ayat alquran tentang Jihad: 


وجاهدوا بانفسكم واموالكم في سبيل الله

Berjuanglah kalian semua dengan diri kalian, harta kalian pada jalan Allah. 


Lalu beliau menjelaskan, ada 5 aspek jihad yang saat ini wajib kita lakukan khususnya di Nahdlatul Ulama.


1. Jihad Nafsi

Berjihadlah kita dengan diri menjadi pengurus, membantu organisasi sesuai bidang kita. 


2. Jihad Ekonomi

Jihad lewat bidang perekonomian, karena saat ini sebagian besar yang kita konsumsi atau gunakan adalah produk kafir. Maka nanti kita harus saling mendukung saat dari Nu sendiri sudah ada yang berkembang di bidang perekonomian.


Maka ekonomi kita giatkan, nanti nu gross kota dukung. Dan memang ada pengorbanan termasuk.


3. Perjuangan Pendidikan

Semua pendidikan harus maju, tanamkan aqidah ahlussunnah wal jamaah pada santri-santri kita. Supaya tidak terpengaruh dengan gerakan dari luar ahlussunnah 


4. Perjuangan Bidang Kesehatan

Termasuk rintisan klinik NU ini sangat bagus selali, semoga bisa berkembang.


Dokter dan petugas klinik NU Dawe

5. Perjuangan Politik 

Saat pemilu maka kita harus memilih (nyoblos), wajib bagi kita nashbu imamin adilin (mendirikan pemimpin yang adil melalui pemilu. Adil itu bagaimana? Yaitu orang Islam dan mau berjuang untuk islam. 


Karena seorang pimpinan akan menentukan kebijakan aturan-aturan yang kembali pada masyarakat. 


Pada akhir dawuh, beliau menyampaikan Islam yalu wala yula alaih. Islam itu unggul dan tidak bisa diungguli. Maka kita harus yakin dan giat dengan jaminan Allah tersebut. (Gus)

Komentar0

Type above and press Enter to search.